Salep Untuk Luka Sayat

By | August 7, 2017

Salep Untuk Luka Sayat

Dalam aktivitas sehari-hari, hampir setiap orang pasti pernah mengalami luka akibat tersayat atau tergores benda tajam. Meski biasanya tidak serius, namun perawatan yang tepat sangat penting terutama untuk mencegah terjadinya infeksi dan komplikasi.

Salep Untuk Luka Sayat

Sebelum kita memulai dengan Salep Untuk Luka Sayat.  Alahkan baiknya kita mencoba menangani luka mulai dari awal seperti dengan pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika terjadi luka, sampai luka sayat diberikan obat.

Hal Yang paling utama adalah kebersiahan. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air bersih. Namuan jika air dan sabun tidak tersedia, gunakan tisue basah. Setelah itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah pertolongan pertama dalam pengobatan berikut ini.

  • Hentikan perdarahan

Perdarahan pada luka sayat dan luka gores yang kecil sering kali berhenti dengan sendirinya. Namun pada luka yang lebih besar atau dalam, Anda mungkin perlu menekan dengan lembut area yang terluka dengan kain bersih untuk menghentikan perdarahan.

Selanjutnya angkat posisi luka melebihi posisi jantung Anda, tujuannya agar proses pembekuan darah lebih cepat terjadi. Anda bisa melakukan posisi berbaring dan bagian yang terluka Anda angkat, atau bisa Anda mengalaskan dengan suatu bantal atau guling.

  • Bersihkan luka dan area sekitarnya

Basuh luka dengan air bersih dan bersihkan area di sekitar luka dengan sabun dan waslap atau kain bersih. Namun, berhati-hatilah agar luka tidak terkena sabun karena dapat menyebabkan iritasi. Jika kotoran atau pasir kecil tetap menempel di luka bahkan setelah mencucinya, gunakan pinset yang sudah disterilkan dengan alkohol guna mengangkat kotoran.

Ingat.! Jangan salah pahan dengan menggunakn cairan alkohol, alkohol hanya digunakan untuk membersihkan alat yang berhubungan dengan kedokteran seperti pinset, jangan sampai Anda mengunakannya untuk membersihkan luka.

  • Oleskan luka dengan obat salep khusus luka

Setelah memastikan luka sudah bersih, olesi tipis-tipis dengan menggunakan salep atau krim antibiotik. Krim ini tidak membuat luka cepat sembuh, namun bisa mencegah infeksi dan memungkinkannya untuk menutup dengan lebih rapat. Ada kandungan tertentu di krim ini yang dapat menimbulkan ruam bagi sebagian orang, jadi hentikan penggunaan krim jika Anda mengalaminya.

Baca Juga : Obat Luka Terkena Pisau Di Apotik

  • Tutupi luka

Plester atau perban (pada luka yang besar) bisa menjaga luka tetap bersih, melindungi luka dari iritasi serta mencegah infeksi bakteri berbahaya. Gantilah minimal sekali sehari atau saat perban sudah basah atau kotor. Gunakan plester kertas jika Anda alergi dengan perekat plester.

Setelah luka sudah cukup tertutup, bukalah plester atau perban dan biarkan luka terkena udara. Udara akan mempercepat proses penyembuhan luka

  • Perhatikan tanda-tanda infeksi

Segera hubungi dokter jika luka tidak kunjung membaik atau jika luka menjadi kemerahan, semakin terasa sakit, terasa hangat, berair serta membengkak.

Langkah-langkah di atas ditujukan untuk mengobati luka sayat dan luka gores yang masih tergolong ringan sampai sedang. Jika penyebab luka adalah benda tajam yang sangat kotor, Anda lebih beresiko mengalami infeksi atau bahkan tetanus.

Baca Juga : Obat Kaki Bengkak Kena Paku

Salep Untuk Luka Sayat

Sementara itu pemberian obat salep ini bertujuan untuk mengendalikan luka supaya tidak terjadi infeksi serta mempercepat proses penyembuhan. Biasanya obat salep yang digunakan berupa obat-obatan antiinflamasi, seperti obat berikut ini :

  • Garamycin Krim (Salep Antibiotik Untuk Luka Terbuka)
  • Kalmicetine (Salep Antibiotik Untuk Luka Lecet)
  • Bioplacenton (Salep Antibiotik Untuk Luka Bakar)
  • Nufacort CR 5G (Salep Antibiotik Untuk Luka Infeksi)
  • Lanakeloid (Salep Antibiotik Untuk Luka Jahitan)
  • Futaderm (Salep Antibiotik Untuk Luka Bernanah)

Nah demikianlah artikel kali ini tentang Salep Untuk Luka Sayat yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan tentunya dapat membantu Anda dalam proses penyembuhan.

Baca Juga : Obat Terkena Pisau Di Apotik

www.obatlukaherbal.web.id || Salep Untuk Luka Sayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *