Penyebab Selulit Atau Stretch marks

By | August 19, 2017

Penyebab Selulit Atau Stretch marks

Penyebab Selulit Atau Stretch marks – Ada kalanya di mana kulit mengerut atau menimbulkan garisan yang tidak enak untuk di lihat, keadaan ini yang menyebabkan seorang perempuan tampil tidak percaya diri. Selulit atau stretchmark adalah nama lain dari kulit mengerut dan bergaris.

Bila kita cermati selulit atau Stretchmark ini memang bukan merupakan sebuah penyakit, sebenarnya pemicu selulit atau stretchmark timbul akibat dari peregangan berlebihan pada kulit dalam waktu yang cepat di area tertentu.

Kolagen pada kulit sangat membantu elastisitas kulit untuk dapat mengimbangi peregangan kulit yang terjadi. Namun pada kondisi tertentu terutama pada seseorang yang tidak memiliki banyak kandungan kolagen di dalam tubuh akan cendrung atau kerap mungcul stretchmark tanpa kita inginkan.

Penyebab Selulit Atau Stretchmark

Kehadiran selulit dan stretchmarks umum terjadi pada wanita. Namun biasanya kita masih sering kurang tepat membedakan selulit dengan stretcmark. Selulit dan stretchmark ternyata memiliki perbedaan di antara keduanya yakni sebagai berikut :

  • Selulit

Selulit merupakan kondisi dimana hadirnya lemak di bawah permukaan kulit. Lemak ini muncul karena mendorong jaringan ikat di atasnya. Hal inilah yang menyebabkan permukaan kulit jadi nampak bergelombang atau tidak merata.

  • Stretchmark

Stretchmark adalah garis-garis berwarna putih pada kulit yang muncul akibat peregangan yang drastis dan elastisitas kulit rendah. Biasanya stretch marks hadir pada bagian tubuh seperti perut, paha, pinggul, payudara, lengan atas dan punggung bawah.

Penyebab Selulit Atau Stretch marks

Ada anggapan bahwa menggaruk perut yang sedang hamil akibat gatal adalah penyebab utamana mungculnya stretchmark, ternyata hal ini hanya gosip belakang. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab munculnya Selulit Atau Stretchmark, antaralain :

  • Kehamilan

Kehamilan merupakan salah satu pencetus timbulnya stretchmark akibat peregangan kulit pada daerah perut. Permukaan perut yang membesar dengan bertambahnya umur kandungan sehingga menyebabkab kulit tertarik secara langsung.

  • Penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan yang mengandung steroid dan berdampak merusak kolagen juga dapat memicu munculnya selulit atau stretchmark. Hal ini disebabkan streriod mengandung kortisol yang bekerja meningkatkan kadar gula darah melalui mekanisme glukoneogenesis, menekan kerja sistem imun, dan meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

  • Kekurangan vitamin

Selain itu, penyebab lainnya adalah kekurangan vitamin A, C, E. Kekurangan vitamin pastinya sudah jelas dan tidak perlu di artikan lagi. Vitamin merupakan sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

  • Obesitas atau kenaikan berat badan

Obesitas atau kenaikan berat badan secara berlebihan dalam waktu singkat membuat kondisi kulit menjadi mengembang karena terdapat banyak lemak yang berada dibawah permukaan kulit, biasanya lemah ini terdapat dibagian pangkal paha, lengan, perut dan sampai di bawah payudara.

Baca Juga : Cara Cepat Hilangkan Selulit

Maka dari itu bagi perempuan yang tidak hamil sebaiknya mencegah terjadinya obesitas atau pertambahan berat badan secara mendadak dan meningkatkan pola hidup sehat dengan mengatur kembali jadwal olahraga fisik, perhatikan pola makan dengan rajin mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin A. C dan E.

Nah demikianlah artikel kali ini tentang Penyebab Selulit Atau Stretch marks yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Baca Juga : Obat Penyehat Mata

www.obatlukaherbal.web.id || Penyebab Selulit Atau Stretch marks