Obat Cair Untuk Luka Kena Paku

By | July 18, 2017

Obat Cair Untuk Luka Kena Paku

Tetanus adalah infeksi yang mematikan yang kemungkinan besar akibat luka tertusuk paku. Jangan pernah meremehkan tertusuk paku segera obati dan kenali gejala awal dari penyakit tetanus. Segera periksakan kedokter terdekat ketika luka membengkak.

Obat Cair Untuk Luka Kena Paku

Lalu apa itu tetanus itu ?

Tetanus adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium Tetani, yang melepaskan semacam toksin atau zat beracun kedalam darah seseorang. Paku adalah sebagai perantara masuknya kuman ini kedalam tubuh. Clostridium Tetani adalah bakteri yang biasanya sering terdapat ditanah ataupun kotoran hewan. Bakteri ini senang hidup pada luka yang tertutup. Setelah bakteri ini masuk kedalam tubuh, biasanya gejala penyakit bisa muncul dalam 2-50 hari.

Saat Clostridium tetani masuk ke tubuh, mereka berkembang biak dengan cepat dan melepaskan tetanospasmin, sebuah neurotoksin. Ketika tetanospasmin memasuki aliran darah, ia menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh, menyebabkan gejala tetanus.

Spora bisa masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang pecah, biasanya karena luka akibat benda-benda yang terkontaminasi. Cara penularan penyakit tetanus ini meliputi ; Luka yang sudah terkontaminasi air liur atau tinja, luka terbakar, luka kecelakaan, luka itu termasuk jaringan nekrotik (mati) dan yang terrakhir luka tusukan.

Gejala tetanus

Gejala tetanus biasanya muncul sekitar 7-10 hari setelah infeksi awal ; Namun, ini bisa bervariasi dari 4 hari sampai sekitar 3 minggu, dan, dalam beberapa kasus, mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan. Secara umum, semakin jauh lokasi cedera dari sistem saraf pusat, semakin lama masa inkubasi. Pasien dengan waktu inkubasi yang lebih pendek cenderung memiliki gejala yang lebih parah.

Gejala otot kejang dan kekakuan otot (otot menjadi kaku). Kekakuan biasanya dimulai dengan mengunyah otot, maka nama lockjaw (penyakit). Kejang otot kemudian menyebar ke leher dan tenggorokan, menyebabkan disfagia (sulit menelan). Pasien sering mengalami kejang pada otot wajah mereka.

Kesulitan bernapas bisa berakibat pada kekakuan otot leher dan dada. Dengan beberapa pasien, otot perut dan ekstremitas juga terpengaruh. Pada kasus yang parah, tulang belakang akan lengket ke belakang saat otot punggung terpengaruh – ini lebih sering terjadi ketika anak-anak terinfeksi.

Sebagian besar pasien dengan tetanus juga akan memiliki gejala sebagai berikut :

  • Tinja berdarah (tinja)
  • Diare
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Sensitivitas untuk disentuh
  • Sakit tenggorokan
  • Berkeringat
  • Takikardia (detak jantung cepat)

Obat Cair Untuk Luka Kena Paku

Pengobatan

Pengobatan biasa dilakukan dengan cara pemberian obat penetralisir racun, kemudian diberikannya immunoglobulin tetanus. Antibiotik tetrasiklin dan penisilin diberikan untuk mencegah pembentukan racun lebih lanjut, supaya racun yang ada di dalam tubuh tidak menyebar dan kemudian mati.

Selain itu, pemberian obat lain yang bisa diberikan adalah obat untuk menenangkan penderita, mengendalikan kejang dan mengendurkan otot-otot. Penderita biasanya dirawat di rumah sakit dan ditempatkan dalam ruangan yang tenang. Untuk infeksi menengah sampai berat, mungkin perlu dipasang ventilator untuk membantu pernapasan.

Untuk mengurangi nyeri diberikan obat kodein (obat pereda nyeri). Obat lainnya yang bisa diberikan adalah obat untuk mengendalikan tekanan darah dan denyut jantung. Setelah sembuh, harus diberikan vaksinasi lengkap karena infeksi tetanus tidak memberikan kekebalan terhadap infeksi berikutnya.

Perawatan luka

Jangan pernah sepelakan ketikan anda menginjak paku kendalikan luka tersebut dengan cara yang benar dan tepat supaya tidak terjadi infeksi tetanus. Berikut ini adalah langkat perawatan luka :

  • Cabut secara perlahan paku dari dalam kulit
  • Selanjutnya keluarkan cairan kotor di dalam kulit yang tertusuk sampai bersih
  • Berikan obat cair yang bisa meresap kedalam luka
  • Biasrkan luka terbuka dan jangan biarkan luka tertutup
  • Bila terjadi pembengkakan segera bawa ke dokter terdekat
  • Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca juga obat cair yang cocok untuk luka tertusuk paku

Obat Kaki Bengkak Kena Paku

Nah demikianlah pembahasan tentang Obat Cair Untuk Luka Kena Paku yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengobati masalah terkena paku.

Obat Luka Herbal | Obat Cair Untuk Luka Kena Paku